News & Releases News
Indonesia | English
 
       
 
News    
Johnny Kesuma
 
M.N.Syahriel
Corporate Secretary
Email: corsec@agis.co.id
 
     Agis Segera Realisasikan Ke Sektor Tambang
      8 June 2010
 
   

Koran Seputar Indonesia

JAKARTA - Perusahaan distribusi elektronik, PT Agis Tbk (TMPI) segera merealisasikan diversifikasi usaha ke sektor pertambangan emas. Perseroan tengah melakukan uji tuntas ( due dilligence ) pada dua Kuasa Pertambangan (KP).

Presiden Komisaris Agis Johny Kesuma mengatakan, saat ini perseroan tengah menjajaki untuk mengakuisisi dua KP emas. Satu KP sudah siap berproduksi, sedangkan yang satu masih dalam tahap eksplorasi.

Sayangnya dia tidak menjelaskan lokasi dan kapasitas tambang emas tersebut dengan alasan masih dalam tahap uji tuntas.

“Pembicaraan telah dilakukan minggu lalu, tapi belum bisa disampaikan detilnya karena kami terikat prinsip kerahasiaan,” katanya, di Jakarta, Selasa (8/6/2010).

Nantinya perseroan akan menjadi pemegang saham pengendali pada perusahaan tambang yang menjadi target akuisisi. Perseroan berharap proses uji tuntas rampung dalam beberapa bulan ke depan. “Secepatnya, sebelum akhir tahun mudah-mudahan tuntas,” katanya.

Langkah diversifikasi usaha ini dilakukan untuk memperkuat kinerja perseroan sehingga ke depan Agis tidak bertumpu pada penjualan barang-barang elektronik yang menjadi bisnis utama. Masuknya Agis ke sektor tambang emas juga sekaligus memberikan nilai tambah bagi pemegang saham.

Perseroan juga tidak menyebutkan dana yang disiapkan atas rencana akuisisi tersebut. Yang jelas langkah ini terkait dengan suntikan dana Global Emerging Markets (GEM).

Institusi global asal Swiss itu berkomitmen menyuntik dana ke Agis sebagai investor siaga selama tiga tahun ke depan dengan berpotensi sampai dengan nilai kurang lebih USD100 juta.

Suntikan dana itu akan dikonversi menjadi saham Agis atau dengan instrumen lainnya. Adapun instrumen tersebut akan dibicarakan dikemudian hari dengan investor.

Chairman CEO AFG International Inc Nasir A Mogul sebelumnya mengatakan, GEM sejauh ini hanya berkomitmen menjadi pemegang saham minoritas, bukannya mengendalikan Agis hingga memiliki posisi direksi di tataran operasional.

AFG International adalah perwakilan GEM di Indonesia yang mempertemukan manajemen Agis dengan GEM. “Kami mengambil saham minoritas dan kami ingin mereka menjalankan perusahaan. Kami hanya membantu manajemen Agis mendorong pertumbuhan mereka," tuturnya.

Johnny mengatakan, langkah menggaet sejumlah institusi global ini dilakukan untuk memberikan nilai tambah kepada pemegang saham melalui berbagai aksi korporasi. “Agis akan berusaha semaksimal mungkin dengan meningkatkan kinerja perusahaan,” katanya.

Mengenai waktu pelaksanaan konversi saham GEM Jhonny mengungkapkan, hal itu sepenuhnya akan ditentukan manajemen Agis. Perseroan tentunya akan menyesuaikan dengan kondisi pasar yang akan menguntungkan kedua belah pihak. “Bisa enam bulan, satu tahun. Kita belum tahu,” katanya. ( Whisnu Bagus /Koran SI/ade )

 

        Back to News
 
 
Copyright © 2011 PT AGIS Tbk. All Rights Reserved