News & Releases News
Indonesia | English
 
       
 
News    
Johnny Kesuma
 
M.N.Syahriel
Corporate Secretary
Email: corsec@agis.co.id

 

 

       EMITEN BERALIH USAHA

       Emiten Alih Usaha Untuk Upayakan Kenaikan Strategis

       13 Januari 2012

     
      
Kontan.co.id

   

JAKARTA. Telah mengalami kerugian selama beberapa periode kinerjanya, emiten atau perusahaan rupanya tidak ragu untuk menggebrak kinerja fundamental dan sahamnya dengan beralih sektor usaha. Di tahun 2012, sudah bisa dimonitor, emiten-emiten yang melewati tahun 2012 ini dengan lini usaha yang baru.

Salah satu contohnya adalah PT Agis Tbk (TMPI) yang pada kuartal pertama ini sudah dalam proses untuk mengembangkan bisnisnya di sektor pertambangan. Rupanya manajemen TMPI melihat peluang yang cemerlang untuk sektor pertambangan dibandingkan menjalankan bisnis di perdagangan ritel barang elektronik.
Dari berita KONTAN sebelumnya, pihak manajemen TMPI mengungkapkan bahwa latar belakang perubahan haluan bisnis ini, didasari kerugian-kerugian yang selalu didapatkan TMPI dalam menjalankan bisnis yang lama. Asal tahu saja, sampai kuartal III 2011, TMPI mengalami rugi 56.34%.

Presiden Direktur TMPI, Steven Kesuma, sempat mengatakan di KONTAN pada berita 20 Desember lalu, pihaknya mengubah haluan bisnis karena pertimbangan bisnis ritel yang dirasakan tidak berkembang baik selama 2011 kemarin. Oleh karena itu, menurutnya perlu ada diversifikasi ke bisnis lainnya seperti pertambangan yang sepertinya memiliki prospek yang cerah di tahun 2012 ini.

Lalu juga ada PT Myoh Technology Tbk (MYOH), yang membuka lembaran baru di tahun Naga ini dengan menjalani usaha di sektor pertambangan batubara. Bahkan pihak manajemen MYOH optimistis dengan haluan bisnis barunya bisa mendongkrak laba bersih mencapai Rp 38 miliar di 2012.

Managing Research Indosurya Asset Management Reza Priyambada, Jumat (13/1) mengatakan bahwa keputusan suatu emiten untuk mengubah lini bisnisnya dapat berpotensi besar mengangkat kinerja saham. Namun sentimen tersebut, kemungkinan akan berlangsung sesaat karena investor juga masih mengikuti perkembangan perbaikan kinerja dari emiten tersebut. "Tentunya investor akan bereaksi positif jika ada berita tentang upaya suatu emiten untuk bangun dari keterpurukannya atau kerugian kinerja fundamentalnya," jelas Reza.

Reza juga melihat, rupanya banyak emiten yang melihat prospek yang gemilang di sektor energi dan pertambangan. Menurutnya sektor tersebut merupakan sektor yang terbilang strategis karena produk bahan bakar dan pertambangan merupakan barang yang banyak dibutuhkan untuk bahan baku produksi.

Biasanya untuk mengurangi ongkos peralihan usaha, para emiten tidak memulai usaha dari nol (0), mereka biasanya memilih untuk mengakuisisi perusahaan yang sudah berjalan sebelumnya. "Hal itu dilakukan untuk efisiensi waktu dan modal," ungkap Reza.

Hanya sayangnya Reza belum bisa memprediksi kenaikan kinerja fundamental dari masing-masing emiten yang berubah haluan bisnis tersebut. "Semuanya masih belum berlangsung dan masih dalam prose akuisisi. Kemungkinan pihak manajemen dari masing-masing emitenlah yang sudah lebih tahu kenaikan kinerja fundamental mereka dengan alih usaha tersebut," kata Reza. Kecuali, jika bisnisnya sudah jalan dan sudah diketahui potensi dari perusahaan yang berkontribusi di kinerja emiten tersebut, maka tentu akan mudah memperhitungkan prediksi kinerja untuk setahun ke depan, tambahnya.

 

http://investasi.kontan.co.id/xml/emiten-alih-usaha-untuk-upayakan-kenaikan-strategis-


        Back to News
 
 
Copyright © 2011 PT AGIS Tbk. All Rights Reserved